Fungsi Kunci Inggris: Pengertian, Ukuran & Cara Menggunakan

Posted on

Fungsi Kunci Inggris – Peralatan perbengkelan memang terdapat cukup banyak jenis jenisnya mulai dari Kunci kunci, obeng, tang, kompresor dan pastinya masih ada banyak lagi lainnya. Dimana beberapa peralatan yang sudah kami sampaikan tersebut memang wajib tersedia untuk setiap bengker, meskipun masih terdapat cukup banyak lagi dimana tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Jika berbicara soal kunci kunci memang terdapat cukup banyak sekali diantaranya adalah kunci L, Kunci T, Kunci Shock, Kunci Inggris dan masih banyak lagi beberapa jenis kunci lainnya yang mana masing masing memiliki fungsi tersendiri. Jika berbicara fungsi kunci, pastinya kalian sudah banyak yang tahu akan fungsi kunci inggris sebenarnya untuk apa, apakah memiliki peran yang sama dengan beberapa kunci lainnya?

Pada pembahasan sebelumnya juga sempat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai fungsi dan cara menggunakan kunci momen serta fungsi utama dari sebuah kunci shock, sedangkan pada pembahasan kali ini akan informasikan mengenai fungsi kunci inggris beserta ukuran dan cara menggunakan dengan benar seperti apa. Bagi kalian yang sering otak atik kendaraan pastinya telah mengetahui akan fungsi utamanya, akan tetapi berbeda jauh bagi mereka yang jarang memegang sebuah kunci kunci peralatan perbengkelan.

Memang tidak dipungkiri jika diluar sana banyak orang tidak mengetahui sebuah kunci inggris, hal tersebut dikarenakan kunci tersebut memang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. Pasalnya hampir kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kunci ring atau kunci pas dimana lebih mudah untuk digunakan dan harganya juga sangat terjangkau sekali, itulah salah satu alasan kuat kenapa orang tidak menyukai dengan kunci inggris.

Baca Juga  Harga dan Spesifikasi vivo X70 Pro 5G

Fungsi Kunci Inggris dan Ukuran

Karena banyak orang penasaran akan fungsi utamanya untuk apa serta ukuran tersedia berapa saja, maka pada kesempatan sangat baik ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua secara jelas dan detail. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan dari Otoflik.com mengenai fungsi utama dari kunci inggris serta ukuran dan cara menggunakan yang sudah kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Pengertian Kunci Inggris

Sebelum lanjut ke pembahasan utama kali ini terlebih dahulu menjelaskan kepada kalian semua akan pengertian dari kunci inggris, mungkin banyak orang mempertanyakan kenapa memiliki nama kunci inggris, jadi singkatnya kunci tersebut pertama kali ditemukan oleh orang inggris bernama Richard Clyburn sehingga dinamakan kunci inggris.

Dengan menggunakan kunci inggris memang lebih di untungkan, karena dengan satu kunci saja bisa membuka beberapa ukuran baut. Sebab cara kerjanya pada kunci inggris bisa diatur akan ukuran dengan cara di putar ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan, tak heran jika beberapa orang lebih suka menggunakan kunci tersebut.

Ukuran Kunci Inggris

Sebagaimana sudah dijelaskan dari awal pembahasan jika kunci inggris terdapat beberapa ukuran dalam satu buah kunci, dengan tersedia beberapa ukuran pastinya sangat praktis sekali. Apabila kalian penasaran dengan ukurannya berapa saja, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan sebagai berikut.

Kode ukuran kunci inggris (inchi) Panjang kunci inggris (mm) Ukuran rahang saat terbuka (mm)
4 114 13
6 160 19.2
8 206 24.2
10 257 29
12 308 34
15 385 43.12
18 461 5362
24 612  

Diatas merupakan beberapa ukuran yang terdapat di sebua kunci inggris, namun sangat disarankan sekali jangan menggunakan ukuran paling besar, sebab sangat riskan merusak kepala baut. Tetapi kembali lagi ke masing masing, sebab penggunaan kunci inggris memang memiliki peran sangat penting sekali.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Oppo A5S, Bagaimana di Tahun 2021 ?

Fungsi Kunci Inggris

Kemudian lanjut ke pembahasan utama kali ini yakni fungsi utama dari kunci inggris, secara umum sebuah kunci memiliki fungsi sama dimana mengencangkan dan mengendorkan baut. Meskipun seperti demikian, dalam penggunaan kunci inggris di nilai lebih praktis karena bisa di atur ukuran sesuai dengan besaran kepala baut seperti ukuran 8, 15, 24 atau beberapa ukuran lain.

Sampai disini apakah kalian semua sudah paham dengan penjelasan telah disampaikan seperti diatas? Pada dasarnya memang memiliki fungsi yang sama persis, hanya saja penggunaan kunci inggris berbeda dengan kunci pas, kunci ring ataupun kunci socket dan beberapa jenis kunci lainnya.

Cara Menggunakan Kunci Inggris

Lalu berlanjut ke pembahasan berikutnya yakni cara menggunakan kunci inggris, secara umum penggunaan sama seperti beberapa kunci lain dimana untuk melepaskan baut maka putar saja ke arah kiri dan untuk mengencangkan cukup putar saja ke arah kanan. Namun kalian juga wajib untuk mengetahui akan ukurannya, sebab tidak semua ukuran bisa digunakan pakai kunci inggris.

Dalam menggunakan kunci inggris memang sangat mudah, silahkan langsung letakan saja ke kepala baut lalu putar saja bagian tengah yang menyerupai gerigi. Tinggal putar ke kanan atau ke kiri saja sesuai dengan besaran kepala baut akan dilepas maupun juga mau dipasang, silahkan kalian sesuaikan saja.

Sampai disini apakah kalian sudah paham dengan cara menggunakan kunci inggris? Sebetulnya lebih mudah jika dijelaskan secara langsung, dengan praktek langsung pastinya akan lebih mudah untuk dipahami. Jika ingin mengetahui lebih lengkap, kami sangat menyarankan sekali kepada kalian semua untuk segera praktek langsung.

Akhir Kata

Apabila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa fungsi dari kunci inggris sejatinya sama saja seperti beberapa kunci pada umumnya, hanya saja cara menggunakan berbeda dengan beberapa kunci lain. Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai fungsi utama kunci inggris disertai dengan ukuran dan cara menggunakan dapat Otoflik.com sampaikan, semoga saja dengan adanya informasi tersebut bisa membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Baca Juga  Cara Merekam Layar Laptop (Tanpa Aplikasi)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *