Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil
Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil

Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil Terbaik: Jenis, Harga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mesin

Posted on

Infospesifikasi.com: Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil – Carbon cleaner terbagi menjadi beberapa jenis dan berfungsi sebagai pembersih kerak, atau untuk gurah mesin yang mengendap di ruang bakar serta injektor. Banyak faktor yang menjadikan mobil bisa mengeluarkan tenaga mesin maksimal, satu diantaranya adalah kebersihan ruang bakar dari berbagai macam kotoran.

79 / 100

Infospesifikasi.com: Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil – Carbon cleaner terbagi menjadi beberapa jenis dan berfungsi sebagai pembersih kerak, atau untuk gurah mesin yang mengendap di ruang bakar serta injektor. Banyak faktor yang menjadikan mobil bisa mengeluarkan tenaga mesin maksimal, satu diantaranya adalah kebersihan ruang bakar dari berbagai macam kotoran.

Jenis Carbon Cleaner Mobil Untuk Gurah Mesin

Untuk mengantisipasi tumpukan carbon sisa pembakaran yang semakin hari semakin menumpuk, kini ada metode yang cukup bagus untuk bisa membersihkan kerak sisa carbon pembakaran di dalam ruang bakar. Pembersihan tersebut memanfaatkan carian carbon cleaner mobil.

Dengan cairan carbon cleaner mobil, semua kerak yang menumpuk karena adanya pembakaran kurang maksimal akan bisa hilang dan bersih dengan mudah.  Namun dalam penggunaannya, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mengingat, tidak semua carbon cleaner mobil memiliki kandungan bahan yang dapat membut mobil justru lebih sehat.

Oleh karena itu, jika kalian ingin menggunakan cairan ini, sebaiknya pahami dulu fungsi utama carbon cleaner dan juga mengetahui beberapa carbon cleaner mobil yang bagus. Perhatikan beberapa rekomendasi carbon cleaner yang bagus untuk merawat mobil. Lengkap dengan beberapa informasi lain seperti tips memilih, cara pakai serta harga carbon cleaner mobil yang bagus tersebut.

Pengertian Carbon Cleaner

Carbon cleaner mobil adalah sebuah carian khusus yang dibuat untuk membantu para pemilik mobil membersihkan ruang bakar mesin. Dimana kotoran yang akan terbuang dari penggunaan carbon cleaner mobil berupa tumpukan kotoran berupa carbon dari sisa pembakaran yang tidak maksimal.

Di dalam pemasarannya carbon cleaner mobil yang bagus dipasarkan dalam beberapa tipe seperti tipe semprot  dan juga tipe carian dalam bentuk foam (busa). Kedua tipe tersebut memiliki fungsi serupa. Namun banyak mekanik mengatakan bahwa tipe foam atau busa dirasa lebih aman bagi komponen mesin mobil.

Fungsi Carbon Cleaner Mobil

Setelah paham dengan pengertian carbon cleaner, berikut adalah beberapa fungsi carbon cleaner yang wajib dipahami.

Baca Juga  Pahami!! Ini 5 Penyebab Setir Mobil Berat ke Kanan dan Cara Mengatasinya

1. Pembersih Kerak

Seperti kami singgung diatas, fungsi utama dari carbon cleaner yakni untuk membersihkan ruang bakar mesin dari berbagai macam kotoran. Terutama dari kerak membandel sisa pembakaran yang tidak maksimal. Menggunakan cairan carbon cleaner, selain akan membuat performa kembali maksimal.

Cairan ini juga akan membantu kalian dalam perawatan mobil dengan biaya yang relatif terjangkau. Kaerna harga carbon cleaner pun tidak terlalu mahal.

2. Penghilang Kandungan Air

Menjadi solusi utama ketika ingin membersihkan ruang pembakaran mesin mobil dengan biaya yang terjangkau. Fungsi lain dari cairan pembersih carbon cleaner juga sebagai anti-varmish. Maksudnya, carian pembersih carbon cleaner ini akan efektif dalam menghilangkan kandungan air. Dengan begitu mesin mobil benar-benar akan maksimal dalam menghasilkan tenaga.

Tips Memilih Carbon Cleaner Mobil Yang Berkualitas

Karena tidak semua carbon cleaner cocok untuk mesin mobil baik itu mesin mobil bensin ataupun mesin mobil diesel. Berikut tips memilih carbon cleaner mobil yang berkualitas.

1. Hindari Penggunaan Zat Amonia dan Zat Asam

Hindari Carbon Cleaner dari Zat AMengingat cara pakai carbon cleaner harus dimasukan ke dalam ruang bakar, sebaiknya hindar membeli carbon cleaner yang punya zat amonia dan zat asam berlebih. Karena dapat menyebabkan timbulnya karat.

2. Pilih Carbon Cleaner yang Tidak Panas

Selain diatas, memilih carbon cleaner yang bagus adalah dengan memastikan bahwa carbon cleaner tidak akan panas ketika sudah masuk ke dalam ruang pembakaran. Untuk itu sebelum menggunakannya, silahkan tuangkan kedalam wadah serta sentuh dengan menggunakan tangan. Jika terasa panas jangan gunakan carbon cleaner tersebut karena akan merusak lapisan piston atau rumah silinder.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Meskipun tidak semua carbon cleaner mobil murah punya kualitas yang buruk. Alangkah baiknya hindari penggunaan carbon cleaner mobil yang punya harga murah. Sebab kita tidak tahu kandungan yang ada didalam cairan tersebut.

4. Pilih Carbon Cleaner Sesuai Tipe Mesin

Kemudian pilihlah carbon cleaner mobil yang bagus untuk mesin mobil kalian. Karena tidak semua carian pembersih kerak mesin mobil punya spesifikasi yang sama. Jadi pastikan tahu dulu spesifikasi carbon cleaner yang akan kalian beli serta pastikan cocok dengan tipe mesin mobil anda.

Cara Pakai Carbon Cleaner Pada Mesin Mobil

  1. Pertama silahkan buka ruang filter udara mobil.
  2. Kemudian buka semua busi mobil yang terpasang.
  3. Setelah terbuka, sebaiknya posisikan semua piston secara sejajar.
  4. Ketika sudah berada pada posisi sejajar, lanjutkan dengan menyemprotkan cairan carbon cleaner/foam kedalam masing-masing lubang busi.
  5. Sebaiknya tuangkan cairan hingga muncul ke permukaan.
  6. Sampai disini, silahkan kalian diamkan carbon cleaner selama 15 menit agar cairan bisa  mengikis semua endapat kotoran yang ada pada ruang bakar.
  7. Setelah dirasa sudah 15 menit, sebaiknya segera sedot carbon cleaner menggunakan pompa hisap hingga benar-benar kering.
  8. Kemudian pasang kembali busi mobil dan segera hidupkan mobil hingga mesin terasa hangat atau panas.
Baca Juga  Awas!! Ini Penyebab Busi Mobil Hitam Basah dan Cara Mengatasinya

Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Carbon cleaner emiliki fungsi yang cukup bagus dalam membantu menjaga kondisi mesin mobil agar tetap maksimal. Dipasaran ada begitu banyak merk carbon cleaner yang bisa dibeli. Namun tidak semua carbon cleaner tersebut memiliki kualitas bagus. Berikut rekomendasi carbon cleaner mobil yang berkualitas bagus.

Bluechem Carbon X K1 & K2

Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil

Pertama kalian bisa memilih merk Bluechem Carbon X K1 & K2. Carbon cleaner ini punya formula khusus yang dapat melarutkan, menghilankan tumpukan karbon serta residu sisa pembakaran dengan maksimal.

WheelZ

Cairan pembersih kerak karbon pada ruang pembakaran mesin mobil yang bisa kalian pilih berikutnya adalah dari merek WheelZ.  Merk ini biasanya dipasarkan dalam kemasan botol berukuran 250 ml. Merk ini bisa dibilang cukup bagus serta berkualitas untuk membantu membersihkan ruang bakar mesin mobil.

Cyclo Max44

Kemudian rekomendasi carbon cleaner yang bagus untuk mesin mobil berikutnya datang dari merk Cyclo dengan tipe Cyclo Max44. Cairan ini cocok untuk semua mobil dengan bahan bakar bensin. Dibuat dengan menggunakan formula sintetis khusus, Cyclo Max44 mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bakan bakar hingga 15%. Serta mampu membuat kotoran hilang dan benar-benar bersih.

Autofit

Pilihan cairan pembersih kerak mesin mobil yang berikutnya yakni datang dari merk Autofit. Meski punya harga yang relatif terjangkau, namun carbon cleaner Autofit punya formulalengkap untuk membersihkan bagian dalam  ruang bakar tanpa mengikis lapisan.

STP

Selain beberapa merk diatas, carbon cleaner mobil yang bagus dan punya kualitas jempolan berikutnya adalah carbon cleaner merk STP. Dalam pemasarannya carbon cleaner ini dikemas dalam boto berukuran 60 ml. Menariknya cairan ini sangat cocok untuk mobil bebsub ataupun mobil diesel. Sehingga kami masukan dalam daftar  rekomendasi ini. Untuk urusan harga, carbon cleaner ini terbilang cukup mahal namun kualiatsnya jempolan.

Autotune

Lalu pilihan lain yang dapat kalian pakai untuk membersihkan ruang bakar dari kerat kotoran carbon sisa pembakaran yang berikutnya adalah Autotune. Merk ini mungkin bukan yang paling bagus namun kualitasnya dalam membersihkan kotoran diruang  bakar sangat maksimal.

SR15

Banyak orang yang lebih memilih carbon cleaner dengan cara pakai semprot atau spray. Dari beberapa pilihan yang ada dipasaran, SR15 menjadi pilihan paling tepat jika sedang mencari carbon cleaner dengan cara spray atau semprot saat memakainya.

Seperti diatas kami jelaskan, carbon cleaner ini tidak mengandung zat asam atau PH12 yang tentu saja sangat cocok untuk keamanan komponen mesin mobil. Termasuk bagian klep, piston dan juga dinding ruang bakar.

Harga Carbon Cleaner Mobil

Berikut ini adalah beberapa harga carbon cleaner sesuai rekomendasi diatas dan beberapa harga carbon cleaner mobil lainnya.

Tipe Carbon Cleaner Mobil Harga
STP 60 ml/Set Rp 275.000
Bluechem Carbon X K1 & K2 @500 ml Rp 522.500
Autofit 500 ml Rp 75.000
Carbon Cleaner WheelZ 250ml Rp 160.000
Cyclo Max44 473 ml Rp 180.800
SR15 500 ml Rp 75.000
Wurth 250 ml Rp 85.000
Otomax Pro 250 ml Rp 50.000
Rock 300 gr Rp 40.000
Aerochemica 200 ml Rp 35.000
GC Maxpro Bensin & Diesel 250 ml Rp 105.000
ECQ Carbon Cleaner 250 ml Rp 63.000
AMB Proclean 250 ml Rp 250.000
Baca Juga  Motor Listrik Alva One: Review, Spesifikasi dan Harga Lengkap Terupdate

Bahaya Penggunaan Carbon Cleaner yang Terlalu Sering

Meski dapat membuat mesin bisa kembali menghasilan tenaga yang maksimal. Namun terlalu sering menggunakan metode carbon cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam ruang bakar juga akan membuat beberapa dampak bahaya. Beberapa bahaya tersebut antara lain:

  1. Mengikis komponen yang berada di dalam ruang bakar seperti katup, piston, dan juga dinding ruang bakar.
  2. Penggunaan cairan carbon cleaner yang semabarangan dan terlalu sering juga akan membuat busi cepat rusak.
  3. Bahaya paling menakutkan dari penggunaan carbon cleaner secara terus menerus yakni menjadikan mesin terasa pincang.
  4. Dan bahaya terakhir yang bisa saja terjadi adalah penggunaan bahan bakar yang semakin boros.

Penggunaan Carbon Cleaner yang Tepat

Untuk menggunakan carbon cleaner yang tepat pada mobil, sebaiknya digunakan pada setiap 20 ribu km atau bisa juga bersamaan dengan servis besar. Jika melihat jarak tempuh, 20 ribu km ini bisa dilakukan dalam 2 tahun sekali. Sangat tidak disarankan menggunakan carbon cleaner terlalu sering.

Bagi daerah kota besar seperti DKI Jakarta, karakter jalanan yang kerap macet akan membuat pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Maka dari itu, endapan karbon yang ada di dalam ruang bakar akan lebih banyak karena sering terkena macet. Cara kerja carbon cleaner ini adalah bertujuan untuk membersihkan residu yang nantinya akan dikeluarkan lewat system pembuangan knalpot dan oli mesin.

Residu ini bisa dibilang cukup sulit dibuang jika tidak memakai carbon cleaner. Zat kimia bernama carbon cleaner inilah yang mampu merontokkan residu pada komponen di dalam mesin. Namun harus diingat, pemakaian carbon cleaner ini tidak boleh dilakukan sering-sering. Cukup 2 tahun sekali saja. Karena jika dilakukan terlalu sering akan beresiko merusak komponen dalam mesin.

Kesimpulan

Formula carbon cleaner dibagi menjadi dua macam, yaitu cairan dan foam. Untuk carbon cleaner cair, penggunaannya sangat mudah. Cukup dituangkan saja ke tangki bensin sesuai takaran. 75 ml untuk jumlah bahan bakar sekitar 5 liter. Sedangkan untuk carbon cleaner foam, penggunannya lebih praktis.

Cukup disemprotkan ke Throttle Body (TB) atau lubang busi. Keunggulan carbon cleaner foam, tentunya bisa digunakan berkali-kali. Beda dengan carbon cleaner cair yang habis sekali tuang. Untuk performa maksimal, sebaiknya pakai cairan carbon cleaner setiap 3.000 km sekali, khususnya untuk motor yang masih pakai bensin beroktan di bawah 90 RON.

Source teknisimobil.com/dasar-otomotif/jenis-carbon-cleaner-untuk-gurah-mesin-28847

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *