10 Faktor Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas, Awas Bikin Ngedrop!

Posted on

Infospesifikasi.com: Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas – Overheat atau kepanasan menjadi penyebab mesin mobil mati saat panas, apalagi jika hal tersebut terjadi di tengah jalan tol atau lingkungan yang tidak ada bengkel terdekat. Selain membuat pusing, ini juga bisa mengganggu perjalanan. Sering kali penyebab mesin mobil mati saat panas ini cukup beragam dan sering dialami oleh banyak pengemudi.

76 / 100

Infospesifikasi.com: Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas – Overheat atau kepanasan menjadi penyebab mesin mobil mati saat panas, apalagi jika hal tersebut terjadi di tengah jalan tol atau lingkungan yang tidak ada bengkel terdekat. Selain membuat pusing, ini juga bisa mengganggu perjalanan. Sering kali penyebab mesin mobil mati saat panas ini cukup beragam dan sering dialami oleh banyak pengemudi.

Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas

Pahami Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas

Mesin adalah komponen penting dari sebuah mobil. Jika mesin rusak, otomatis mobil tak akan nyaman digunakan atau bahkan tak bisa digunakan alias mogok. Ada beberapa penyebab mesin mobil tiba-tiba mati saat panas. Jika anda anda pernah mengalami mesin mobil mati saat panas jangan panik, dan cek terlebih dahulu penyebab mengapa mobil mati saat panas.

Jika mengalami mati mesin mobil saat panas di jalan, ada baiknya kamu segera memarkirkan kendaraanmu ke tempat yang aman. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada penyebab mesin mobil yang tiba-tiba mati karena panas. Anda dapat  menghubungi bengkel atau mekanik untuk memperbaikinya. Anda bisa mengenali beberapa faktor penyebab mesin mobil tiba-tiba mati agar bisa ditangani sendiri atau sebagai bahan informasi.

1. Motor fan bermasalah

Motor fan lebih dikenal dengan sebutan kipas radiator juga dapat menyebabkan mesin mati ketika panas. Sesuai dengan namanya, fungsi kipas radiator ini adalah untuk menghilangkan panas pada mesin. Jika komponen bermasalah atau rusak, maka coolant radiator tidak akan mengalami pendinginan lagi hingga akhirnya mesin kian panas.

Jika mesin mobil mati saat panas terjadi saat dikendarai, tepikan mobil dan perbaiki kendala sebelum berdampak pada komponen mesin lainnya. Penyebab kipas mati ini biasanya dikarenakan rusaknya relay, Kamu dapat mengganti relay tersebut. Selain itu, Kamu juga harus memeriksa rangkaian kabel karena bisa saja terdapat kabel yang putus. Bila kendala tidak kunjung membaik, maka solusi terbaiknya adalah membawa mobil Kamu ke bengkel terdekat.

2. Masalah alternator

Mobil tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh alternator yang bermasalah. Alternator berfungsi memasok aliran listrik ke aki. Jika ada masalah di alternator, pasokan listrik dalam aki akan habis. Hal tersebut yang menyebabkan mobil mati tiba-tiba atau mobil susah dihidupkan.

Jika mesin mobil mati karena alternator, biasanya mobil akan sulit dihidupkan kembali walau sudah dalam posisi On atau Idle. Kamu bisa melakukan Tune Up mobil secara berkala agar alternator dapat berfungsi dengan baik.

3. Masalah pada sistem pengapian

Selain masalah ECU, mobil tiba-tiba mati juga bisa disebabkan karena masalah pada sistem perapian. Sistem ini mengalirkan daya ke mesin mobil agar bisa bergerak. Saat mobil mati karena masalah pengapian, kamu bisa coba starter ulang mobil. Namun, jika tidak bisa hidup, ada indikasi kerusakan pada sistem pengapian.

Baca Juga  Pahami Fungsi dan Jenis Soket Lampu Mobil

Kamu bisa cek coil dalam sistem pengapian apakah bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu, pastikan juga sekring mobil masih menyambung dan tak ada hambatan asupan udara untuk sistem pembakaran.

4. Masalah pada ECu

ECU atau Electronic Control Unit  adalah sistem komputer yang memiliki fungsi sebagai elektronik utama yang biasanya sudah ada pada jenis mobil terbaru. Bagian ECU ini mengendalikan fungsi mekanis. Jika bagian ECU bermasalah, biasanya mobil akan tiba-tiba mati atau mogok.

Apabila terjadi masalah pada bagian ECU, lampu check engine di instrumen indikator akan menyala. Jika mobil masih bisa hidup, segera bawa ke bengkel terdekat karena untuk memperbaiki ECU harus dengan mekanik yang profesional.

5. Masalah pada aki

Aki mobil pada umumnya dapat bekerja dengan baik dalam waktu dua hingga tiga tahun pemakaian. Aki mobil memiliki 2 macam ada yang menggunakan aki kering dan aki basah. Segera ganti aki jika aki sudah tidak bekerja secara maksimal karena akan memengaruhi sistem pada mesin.

Tanda-tanda aki sudah harus diganti adalah mobil sulit dihidupkan atau butuh beberapa kali starter untuk dihidupkan atau bunyi klakson yang tak terdengar nyaring.

6. Pompa bensin tersumbatPompa bensin yang tersumbat bisa menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati. Jika pompa bahan bakar atau biasa disebut fuel pump tersumbat, mesin akan kekurangan pasokan bahan bakar yang menyebabkan mesin mati atau tidak bisa menyala.

Untuk mencegah kejadian tersebut, kamu bisa mengisi bensin dengan bensin dengan bahan bakar yang sesuai oktan pabrikan. Selain itu, kamu juga bisa mencegahnya dengan memastikan bensin jangan sampai kosong sama sekali.

8. Ignition switch bermasalah

Penyebab mesin mobil mati tiba-tiba adalah adanya masalah pada ignition switchIgnition switch berfungsi mengalirkan arus listrik ke sistem kelistrikan mobil, sistem bahan bakar dan juga ECU pada saat mobil dalam keadaan idle.

Kerusakan pada ignition switch bisa terjadi karena gangguan pada soket sekring atau kabel-kabel saklar. Kamu bisa meminta bantuan mekanik untuk memperbaikinya.

9. Keringnya radiator

Penyebab mesin mobil mati saat panas Radiator yang kering bisa menyebabkan mobil kesayanganmu mogok ditengah jalan. Umumnya, radiator bisa kering dikarenakan 2 faktor, yakni suhu mesin menguap dan bocornya sistem sirkulasi. Hal ini mengakibatkan proses pendinginan tidak bekerja dengan normal karena cairan pada tangki radiator kurang atau bahkan habis. Alhasil mobil pun mulai mengalami penurunan performa hingga akhirnya mesin mati.

Sedikit tips, sebaiknya Kamu lebih teliti dalam perawatan mobil. Gantilah cairan radiator secara rutin, setidaknya setiap 20.000 km. Jangan lupa memilih produk yang dilengkapi dengan bahan anti karat.

10. Radiator bocor

Penyebab mesin mobil mati saat panas yang kedua Ada berbagai alasan kenapa radiator mobil Kamu mengalami kebocoran. Diantaranya yaitu karena faktor usianya yang sudah tua, kekurangan air, tersenggol benda keras, dan lain-lain. Pemakaian air yang tidak bersih pun kerap ditemui dan menyebabkan komponen radiator rusak dan keropos.

Seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi radiator adalah sebagai pendingin. Jika terjadi kendala pada komponen satu ini, maka tidak akan ada lagi komponen untuk mendinginkan mesin saat berada di suhu tinggi. Jika terus dibiarkan, mesin berpotensi mengalami kerusakan lebih fatal hingga akhirnya mobil mogok saat dikendarai.

Solusi dan Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan

Apa yang harus dilakukan jika mobil kamu tiba-tiba mogok? Tentu saja sebaiknya yang pertama kali wajib Anda lakukan adalah tidak panik, apalagi kalau mobil mendadak mogok di tengah jalan tol yang memang tidak terlalu ramai atau minim akses bantuan. Berikut cara untuk bisa memperbaiki mobil yang mogok.

1. Segera Dorong Mobil ke Pinggir

Langkah paling awal ketika mobil mogok adalah segera dorong mobil ke pinggir atau tepi jalan, terutama jika berhenti di tengah jalan. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, menjaga keselamatan baik kamu dan pengendara lain, serta kamu bisa leluasa mencari tahu penyebab dan mengatasi mobil yang mengalami mogok.

Baca Juga  Pahami!! Begini Fungsi Kopling Ganda Motor Matic dan Cara Kerjanya

Kemudian, jika mobil mendadak mogok di malam hari, sebaiknya nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan tanda bahwa ada kendaraan yang mengalami masalah sehingga pengendara lain akan lebih berhati-hati saat melintas. Apabila lampu mobil tidak bisa menyala sama sekali, kamu bisa memasang segitiga pengaman sebagai tanda darurat di bagian depan dan/atau belakang mobil dengan jarak sekitar 3-10 meter atau sebelum tikungan jika mogok di jalanan berliku.

2. Periksa Lampu Indikator untuk Mengetahui Kondisi Mobil

Setelah itu, apa langkah selanjutnya yang perlu dilakukan jika mobil mogok? Langkah berikutnya untuk cara mengatasi mobil mogok adalah cdengan mengecek lampu indikator mobil yang menjadi satu dengan speedometer mobil (odometer). Lampu indikator memuat banyak simbol, baik itu simbol aki, air radiator, oli, rem, bahan bakar, mesin, dan lain-lain. Secara umum, lampu indikator bisa memberikan kamu informasi apakah ada kerusakan pada mesin, suhu radiator yang terlalu tinggi, bahan bakar habis, atau masalah pada aki.

Jika masalahnya karena mesin mengalami overheat, tunggu selama beberapa saat hingga suhu mobil menjadi dingin. Kemudian buka tutup radiator dan tambahkan air ke dalamnya. Lakukan hal yang sama jika ternyata masalah mobil mogok disebabkan oleh oli yang habis.

Kalau mobil jadi mogok karena kehabisan bahan bakar, hal ini biasanya ditandai dengan indikator bensin yang tidak naik. Cek kembali apakah terdapat tanda F atau E merah pada mobil. Fungsi indikator ini adalah untuk menampilkan jumlah sisa bahan bakar yang tersedia pada suatu mobil. Selain tampil dalam bentuk indikator jarum, pada beberapa mobil, indikator bensin juga hadir dalam bentuk digital yang dibekali dengan tanda huruf F atau E.

Huruf F menandakan Full. Sementara, huruf E menandakan Empty atau sisa bahan bakar pada mobil yang sudah mulai menipis. Biasanya, indikator huruf E ini akan menyala jika bensin pada tangki tersisa seperdelapan. Oleh karena itu, kamu perlu mengisinya dengan membeli bensin di pedagang eceran terlebih dahulu, setidaknya cukup untuk mobilmu menuju pom bensin terdekat dan mengisinya kembali penuh. Untuk itu, selalu pastikan indikator bensin di mobil kamu, sebaiknya isi terlebih dahulu jika sudah mendekati tanda habis.

3. Periksa Ketinggian Level Air Aki dan Kabel Aki

Jika penyebab mobil jadi mogok disebabkan oleh masalah pada aki, setelah mesin dingin periksa level air aki dan kabel aki. Air aki yang kurang tinggi atau kurang penuh bisa berakibat mesin tidak dapat menyala dengan baik, sehingga kamu perlu mengganti atau mengisi ulang dengan air aki. Catat, jangan pernah mengisi aki dengan air mineral ataupun air keran karena bisa merusak aki.

Kemudian, periksa jika kabel aki mengalami kelonggaran atau kotor. Kencangkan kabel yang kendor dan bersihkan kabel tersebut. Kabel aki yang longgar bisa membuat aki jadi tidak mengisi dan tidak berfungsi secara optimal. Solusi lainnya jika mesin mobil tidak bisa distarter adalah dengan mengecas aki terlebih dahulu, bisa didorong atau dipancing menggunakan aki dari mobil lain.

4. Cek Sikring yang Berhubungan dengan Mesin

Mesin mobil yang mendadak mati saat kamu lepas gas bisa disebabkan oleh sikring yang putus atau longgar. Sikring yang berhubungan dengan mesin jika putus tidak bisa menyalakan mesin ketika kamu memutar kunci kontak pada posisi on. Meskipun masalah ini lebih sering terjadi pada mobil yang sudah berusia lama, namun bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi pada mobilmu.

Umumnya, masalah sikring ini disebabkan oleh tegangan arus listrik ke bagian koil mengalami penurunan drastis dan berakibat proses pembakaran tidak berjalan sempurna. Bagian pemantik api sulit memperoleh aliran listrik sehingga tidak mampu membuat mobil bekerja. Kencangkan sikring yang longgar atau ganti dengan sikring baru untuk mengatasinya.

Baca Juga  Awas!! Ini Penyebab Busi Mobil Hitam Basah dan Cara Mengatasinya

5. Periksa Pompa Bensin dan Karburator

Pompa bahan bakar yang mati tentu tidak akan bisa menghidupkan mobil, umumnya hal ini akan ditunjukkan pada indikator yang terletak di sebelah speedometer dengan bunyi dan lampu yang berkedip-kedip. Selain pompa bensin, karburator juga bisa menjadi penyebabnya, biasanya karena banjir yang berakibat busi menjadi basah. Karburator merupakan komponen yang cukup penting di mesin mobil.

Untuk bisa memperbaiki karburator, kamu harus membongkar dan membersihkannya. Atau bisa dengan cara alternatif yakni membuang bensin yang ada di dalam karburator lewat baut pembuangannya. Tak cuma banjir, kekurangan bahan bakar juga bisa memicu masalah pada bagian karburator yang berakibat proses pembakaran tidak bisa berjalan sempurna. Klep yang terlalu kotor juga bisa menghambat aliran bahan bakar menuju karburator.

6. Bersihkan Busi dan Kabel Busi

Jika busi yang kotor dan kabel busi yang longgar jadi penyebab mobil jadi mogok, pertama-tama kamu harus membuka semua busi. Seperti penyebab busi motor yang hitam dan basah, kamu juga perlu membersihkan busi mobil jika kotor dan cek kabelnya. Kencangkan busi jika mengalami kelonggaran. Untuk membersihkan busi yang sudah kotor bisa menggunakan kunci busi lalu siram bagian kepala busi dengan bensin sedikit saja. Lalu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat hingga bersih. Selanjutnya, siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.

Terakhir, semprot busi dengan kompresor dan keringkan. Ketika sudah kering, coba cek apakah masih bisa mengeluarkan api atau tidak. Kalau api yang muncul masih bagus, berarti kamu bisa menggunakannya. Perlu diketahui, jangan merendam busi dengan bensin karena bisa mengikis elektroda pada busi dan membuatnya cepat rusak. Kemudian, hindari membersihkan busi dengan mengamplas bagian elektroda atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi karena bisa membuatnya jadi cepat mati. Jangan lupa segera ganti busi jika memang sudah mati atau tidak bisa memunculkan api.

7. Cek Kondisi Koil Mobil

Koil mobil memang jarang mengalami masalah, kalaupun terjadi masalah biasanya hanya terjadi karena kabel yang putus atau lepas dari soket. Kemudian koil juga bisa melemah dan berakibat mati atau kurang setrum jika dalam keadaan panas dan akan kembali normal setelah suhunya mendingin. Koil merupakan bagian dari sistem pengapian mesin yang berfungsi untuk menaikkan tegangan dari aki dan diteruskan ke busi agar menghasilkan percikan bunga api di ruang bakar. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda mobil mogok yang perlu segera diperbaiki.

8. Dinamo Starter untuk Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan

Jika penyebab mobil mogok yang kamu alami bukan karena kondisi aki, koil, atau kehabisan bahan bakar, berarti kemungkinan besar masalahnya ada pada dinamo starter. Kamu bisa cek terlebih dahulu kabel yang menyambungkan dinamo starter dan periksa jika ada yang lepas. Kemudian jika lampu indikator aki menyala pada saat mesin hidup, itu berarti tandanya dinamo tidak mengisi. Maka dari itu kamu perlu segera memperbaikinya karena tidak akan muncul setrum aki.

9. Hubungi Mobil Derek dan Asuransi

Apabila kamu tidak dapat mengatasi mobil mogok sendiri, kamu bisa menghubungi jasa derek terpercaya. Oleh karena itu sangat penting jika kamu menyimpan nomor jasa derek agar dapat membantumu jika sewaktu-waktu mengalami mogok. Jika mobil berhenti mendadak di jalan tol, kamu bisa menggunakan jasa derek gratis dari Jasa Marga hingga jalan keluar tol terdekat. Biaya overhaul atau derek mobil bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran mobil kemudian jarak antar dan derek mobil.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab mesin mobil mati saat panas yang harus Anda ketahui. Jangan memaksa mobil bila memang terdapat masalah pada mesin. Segera atasi permasalahan agar kemungkinan-kemungkinan terburuk dapat dihindari. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat khususnya bagi Anda yang tengah mengalami kendala serupa.

Source https://teknisimobil.com/dasar-otomotif/penyebab-mesin-mobil-mati-saat-panas-awas-bikin-ngedrop-28916/