Harga Mobil Yaris Bekas dan Tips Membelinya

Posted on

Infospesifikasi.com: Harga Mobil Yaris Bekas saat ini mulai Rp 120 jutaan saja sehingga varian hatchback ini jadi pilihan mobil bekas yang masih cocok di tahun 2022 dan banyak diburu karena daya tarik banderol yang miring. Harga sebuah mobil bekas memang tidak menentu, harga tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor seperti tahun produksi mobil tersebut hingga kondisi mobil saat ini. 

78 / 100

Infospesifikasi.com: Harga Mobil Yaris Bekas saat ini mulai Rp 120 jutaan saja sehingga varian hatchback ini jadi pilihan mobil bekas yang masih cocok di tahun 2022 dan banyak diburu karena daya tarik banderol yang miring. Harga sebuah mobil bekas memang tidak menentu, harga tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor seperti tahun produksi mobil tersebut hingga kondisi mobil saat ini. 

Harga Mobil Yaris Bekas

Harga Mobil Yaris Bekas dan Cara Membelinya

Mobil bekas menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki mobil. Mobil baru yang masih cukup tinggi harganya dan sistem kredit yang terkadang mencekik leher, mobil bekas menjadi pilihan yang sangat menarik. Selain faktor harga mobil baru yang tinggi, mobil bekas dikenal lebih kuat dan bandel secara performa dibandingkan mobil baru yang beredar di pasaran saat ini.

Mobil bekas dapat anda temukan penjualnya dari perorangan maupun dealer. Masing-masing dari penjual ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam hal negosiasi harga. Harga yang ditawarkan tentu akan berbeda, mengingat dealer adalah penadah yang motivasi menjual mobil bekasnya adalah murni untuk mencari keuntungan.

Berbeda dengan penjual perorangan, biasanya motivasi mereka menjual mobilnya bukan karena sebuah laba. Mereka biasanya menjual mobilnya karena ingin mendapat dana tambahan untuk mengganti menjadi mobil baru, atau mungkin karena ada keperluan lain yang mendesak.

Kemampuan anda dalam tawar menawar harga tentu menjadi kunci agar anda tidak mengalami kerugian yang besar. Saat ini banyak ditemukan mobil bekas yang dijual tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Banyak ditemukan mobil bekas yang berharga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Para penjualnya mematok harga yang tinggi terhadap mobil bekas mereka karena hanya mengacu pada harga pasarannya saja dan tidak melihat aspek lain seperti kondisi eksterior maupun interior mobil tersebut. Itulah sebabnya sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, anda pun harus mengerti tentang kondisi mobil yang selayaknya itu seperti apa.

Seperti yang telah sering disebutkan sebelumnya, maka kunci dari membeli mobil bekas dengan harga yang tepat adalah periksa harga pasaran mobil bekasnya dan kondisi mobil di lapangan. Hanya itu. Sederhana namun perlu pengetahuan yang lebih untuk melakukannya.

Harga Mobil Yaris Bekas

Melansir dari harga pasaran mobil wilayah Jakarta dan sekitarnya, harga mobil bekas Toyota Yaris paling rendah Rp 120 juta untuk varian E. Sedangkan harga mobil bekas Toyota Yaris varian G keluaran tahun 2004 sekitar Rp 60 juta.  Tentu, penasaran dengan harga mobil bekas Toyota Yaris keluaran tahun 2004.

Baca Juga  Update!! Begini Cara Perpanjang SIM Online, Biaya, Tahapan dan Persyaratan Terbaru

Per Juni 2022 harga listing yang ada, tercatat rentang harga Yaris Lele berkisar antara Rp188 juta sampai Rp225 juta. Varian yang tersedia bervariasi, mulai dari TRD, Heykers, hingga tipe G. Kita mulai dari tipe Heykers yang harganya paling mahal terlebih dahulu. Pada harga yang ada di pasaran tersedia Heykers dengan tipe transmisi AT CVT seharga Rp225 juta. Pada 2017 lalu, mobil ini harga barunya dijual Rp277,3 juta. Penyusutan tipe ini relatif kecil, yakni sekitar 18,86% atau sekitar Rp 52,3 juta dalam waktu setahun.

Selanjutnya, kita akan menghitung penurunan harga pada varian TRD Sportivo, tersedia Yaris TRD Sportivo dengan transmisi otomatis dengan harga Rp215 juta. Sementara itu, harga baru pada 2017 lalu untuk tipe ini dijual Rp268,8 juta. Penurunan harga dari tipe TRD Sportivo sebesar Rp 53,8 juta atau mencapai 20% dari harga baru on the road.

Terakhir, Yaris tipe G dengan transmisi otomatis yang dijual di Bekasi seharga Rp188 juta. Model tersebut pada 2017 lalu dijual seharga Rp246,1 juta. Selisih perbandingan antara harga baru dan bekas dengan pemakaian sekitar setahun mencapai Rp58,1 juta atau mencapai 23,6%.

Nah, dari perhitungan tadi bisa kita simpulkan bila penurunan harga Toyota Yaris dalam waktu setahun pemakaian berkisar 20% dari harga baru. Fakta ini bisa menjadi kabar yang baik bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas Toyota Yaris

1. Tentukan Pilihan

Anda mungkin bisa mulai membayangkan mobil anda nanti akan digunakan untuk keperluan apa. Jika akan rutin digunakan untuk bekerja, tentu memilih mobil yang nyaman dan irit bahan bakar. Untuk kebutuhan keluarga seperti halnya menjemput anak sekolah tentu memilih mobil yang memiliki ruang kabin yang lega.

Setelah yakin dengan tujuan anda membeli mobil, kemudian tentukan fitur-fitur yang wajib ada. Fitur-fitur tersebut seperti AC, power window, atau mengenai fitur safety seperti ABS atau air bag. Mulailah menulis dan membuat daftar fitur-fitur tersebut. Hal ini dengan sendirinya akan membantu anda dalam memilih banyak jenis mobil nantinya. Sehingga gambaran harga pun akan sudah bisa ditentukan oleh anda sendiri.

2. Mencari Informasi Mobil Bekas

Setelah dana terkumpul untuk membeli mobil bekas selanjutnya adalah mencari informasi dimana bisa mendapatkan Toyota Yaris bekas. Mungkin di jaman dahulu hal tersebut cukup sulit, karena harus mengunjungi showroom mobil bekas yang masih sedikit, melihat iklan di koran atau mencari ke penjualnya langsung dengan bertanya pada teman.

Untuk bisa mendapatkan informasi saja membutuhkan waktu berhari-hari. Sangat berbeda dengan jaman sekarang yang semuanya sudah dipermudah. Sobat bisa mencari di internet melalui website jual beli ataupun media sosial. Jadi caranya tinggal memasukkan keyword Toyota Yaris tahun 2015, maka sudah ada banyak pilihan dengan beragam harga yang ditawarkan.

Baca Juga  Komponen Busi Motor dan Fungsinya

Bahkan untuk showroom mobil bekas saja sudah tersebar di banyak daerah. Tinggal sobat mau memilih yang mana untuk bisa mendapatkan mobil Yaris idaman.

3. Harga Pasaran

Setelah menentukan jenis mobil bekas yang anda inginkan dengan mempertimbangkan tujuan membeli dan fitur mobil impiannya, segera cek harga pasaran mobil tersebut. Biasanya setiap merek akan memilki jenis mobil yang anda inginkan itu. Misalnya, anda menginginkan jenis SUV karena untuk kebutuhan keluarga setiap harinya, maka model SUV Honda dan Daihatsu tentu akan berbeda harganya.

Anda harus mengetahui tentang harga pasaran ini. Ketika anda sudah memutuskan untuk mencari mobil tersebut, maka anda sudah punya pegangan dan patokan harga. Dari harga pasaran mobil bekas tersebut, dalam membuka penawaran lakukan penawaran serendah mungkin dari harga pasarannya.

Tapi ingat, tetap logis dalam menawar rendahnya. Ini biasanya terjadi pada dealer mobil bekas. Anda akan berhadapan dengan sales mobil bekas bukan pemilik dealer, bahkan mobil tersebut. Perlu menjadi catatan, sales tidak menentukan hasil akhir. Persetujuan harga akan diambil oleh manajer penjualan, maka dari itu anda tidak perlu ragu untuk menawar lebih rendah nantinya.

4. Menentukan Penjual

Setelah mencari ke iklan koran, internet, media sosial ataupun showroom mobil bekas maka sobat akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Dalam hal ini saatnya sobat menentukan penjual mana yang akan didatangi. Untuk memilih penjual mobil Toyota Yaris jangan sembarangan, pilih profil yang lengkap dan memberikan informasi mobil secara lengkap dan rinci.

Apabila penjelasannya tidak jelas maka lebih baik mencari yang lain. Tidak hanya itu saja, sobat juga bisa melihat komentar yang ada pada website atau media sosial mengenai penjual mobil yang diincar. Untuk memutuskan mana yang akan didatangi lebih disarankan mulai yang terdekat terlebih dahulu. Bahkan kalau bisa membeli Toyota Yaris milik teman atau saudara sehingga akan terhindar resiko penipuan yang kadang terjadi.

5. Cek Kondisi

Lakukan pengecekan kondisi mobil bekas tersebut dengan cermat. Tidak perlu terburu-buru, jika anda sudah melakukan penawaran harga (walaupun ini seharusnya terjadi setelah dilakukan pengecekan) Anda tidak perlu khawatir karena pemeriksaan kondisi mobil ini adalah hak dari pembeli. Jika memang tidak cocok, anda bisa langsung melakukan pembatalan dari penawaran awal tadi. Pemeriksaan mobil tersebut bisa dimulai dari;

  • Bodi dan tampilan luar lainnya.

Langkah awal tempatkan mobil di atas permukaan yang rata sebelum anda memeriksanya. Dengan kondisi seperti ini, akan memudahkan anda untuk memeriksa semua ban dan bisa melihat bagian mobil yang turun dengan mudah. Periksa dengan teliti kondisi cat mobil.

Perhatikan apakah ada titik-titik karat, penyok atau goresan. Lihat permukaan sisi mobil dari ujung ke ujung. Jika ada yang bergelombang itu tandanya bagian tersebut sudah pernah dicat ulang. Untuk melihat apakah pernah dicat ulang atau tidak, bisa dengan menyapukan jari anda ke sepanjang tepi panel bodi. Jika ada bagian yang kasar, bisa jadi itu adalah bekas lakban penutup saat cat ulang.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Terbaru

Masuklah ke kolong mobil untuk memeriksa kondisi sistem gas buang atau adanya karat di bagian bawah bodi. Jika ada bercak-bercak hitam pada sistem gas buang itu menandakan adanya sebuah kebocoran. Terakhir, periksalah knalpot mobilnya. Jika adanya oli, itu menandakan masalah besar. Ketika anda menyalakan mesin dan keluar asap putih (bukan efek cuaca dingin), maka ini pun merupakan pertanda buruk.

Pada blok mesin, cermati apakah ada noda oli atau tidak. Jika ada berarti ada kebocoran di sana, dan mungkin membutuhkan perbaikan besar nantinya. Periksa juga minyak rem dan reservoirnya untuk memastikan tidak ada kebocoran. Warna oli bisa juga kita lihat dengan mengangkat tongkat pengukur oli transmisi. Warna oli seharusnya merah muda atau merah tua.

Biasanya, pada mobil tua oli akan terlihat lebih gelap tapi tidak boleh tampak terbakar atau berbau gosong. Cara lain untuk memeriksa mesin adalah dengan cukup mendengarnya saja. Bawa mobil ke tempat yang hening. Dalam kondisi mati, hidupkan mesin tiga hingga lima menit dan dengarkan.

Ulangi cara itu, lalu buka kap atau tutup mesin mobil. Pastikan suara mesin mobil masih halus dan konstan saat mesin dihidupkan tanpa hentakan gas. Sebelumnya bisa nonaktifkan peranti audio dan pendingin ruang (AC). Pastikan tidak ada suara seperti logam yang berbenturan atau bergesekan.

Jika perlu anda bisa membawa montir kepercayaan anda untuk memeriksa kondisi mobil tersebut. Jika anda sendiri dan merasa ada yang janggal pada pengamatan pertama, lebih baik anda tinggalkan saja.

Merasa cukup dengan urusan bagian luar, maka pemeriksaan dilanjutkan ke bagian dalam. Jok menjadi perhatian pertama, apakah ada sobekan, lubang atau kerusakan lainnya.Pada kondisi berhenti, periksa kondisi lampu-lampu yang ada. Hal ini termasuk sensor parkir, kamera parkir, sistem audio dan sebagainya.

Periksa odometer. Jarak tempuh menjadi hal penting karena menandakan usia mobil. Biasanya pada kondisi normal, rata-rata jarak tempuh mobil 16.000-24.000 km setiap tahunnya, namun tentu atas berbagai faktor. Membeli mobil di atas 10 tahun dengan jarak tempuh sedikit pun adalah pilihan yang kurang baik. tips membeli mobil bekas toyota yaris.

6. Periksa Kelengkapan Dokumen

Setelah semuanya dirasa baik dan kondisi mobil bekas masih bagus, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa dokumen. Pastikan semuanya lengkap seperti STNK dan juga BPKB. Lakukan pengecekan antara nomor pada STNK dan BPKB dengan mobil yang dijual. Jangan sampai ada perbedaan nomor rangka, mesin antara mobil dengan dokumennya. Karena hal tersebut akan merugikan calon pembeli.

Kesimpulan

Membeli kendaraan mobil bekas Toyota Yaris dengan harga yang terjangkau dengan usia di kisaran 10 tahunan atau bahkan lebih, memang harus cermat dan teliti. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Toyota Yaris bekas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa terus membaca berita terkini seputar dunia otomotif.

Source https://teknisimobil.com/dasar-otomotif/harga-mobil-yaris-bekas-dan-cara-membelinya-28875/